jump to navigation

Peringkat Universitas 2007 20 November 2007

Posted by moenz in Berbagi.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Banyak metode untuk membuat peringkat universitas, baik peringkat dunia ataupun peringkat nasional. Ada yang berdasarkan koneksi web ke internet (lihat webometrics), berdasar kriteria popularitas antar kolega (semacam THES-QS Times Higher Education Supplement – Quacquarelli Symonds Ranking) ataupun berdasar kriteria-kriteria lain (sila cek di sini untuk yang lebih lengkap) . Masing-masing metode punya keunggulan dan kelemahan. Tinggal tanya mbah google saja kalau mau cari pro-kontra tiap metode (seperti di sini).

Yang menarik adalah, dengan konsisten peringkat perguruan tinggi Indonesia ‘selalu’ tertinggal di beberapa survei tersebut. Tidak usah jauh-jauh membandingkan dengan MIT, Caltech atau Stanford nun di sana. Dengan tetangga dekat utara selatan kita saja, Negeri Singa dan Australia, kita keteteran jauh. Dengan Thailand dan Malaysia pun universitas kita sudah kedodoran. Tengok saja peringkat versi THES 2007 untuk Asia Pasifik berikut ini :

(Note: India, Pakistan dan Bangladesh diikutkan di Asia Pasifik, sementara Iran dan Israel tidak disertakan. Peringkat ini diolah oleh penulis dari sini )

WorldRANK RegionalRANK UNIVERSITIES COUNTRY SCORE
16 1 AUSTRALIAN National University Australia 91,6
17 2 University of TOKYO Japan 91,1
18 3 University of HONG KONG Hong Kong 90,7
25 4 KYOTO University Japan 87,2
27 5 University of MELBOURNE Australia 85,9
31 6 The University of SYDNEY Australia 84,6
33 7 University of QUEENSLAND Australia 84,3
34 8 National University of SINGAPORE Singapore 84,3
36 9 PEKING University China 84,2
38 10 The CHINESE University of Hong Kong Hong Kong 83,8
40 11 TSINGHUA University China 83,3
43 12 MONASH University Australia 82,1
44 13 University of NEW SOUTH WALES Australia 81,8
46 14 OSAKA University Japan 80,0
50 15 The University of AUCKLAND New Zealand 77,5
51 16 SEOUL National University Korea, South 77,1
53 17 HONG KONG University of Science & Techno… Hong Kong 76,9
62 18 University of ADELAIDE Australia 74,7
64 19 University of WESTERN AUSTRALIA Australia 74,3
69 20 NANYANG Technological University Singapore 73,6
85 21 FUDAN University China 71,6
90 22 TOKYO Institute of Technology Japan 70,5
102 23 TOHOKU University Japan 68,0
103 24 National TAIWAN University Taiwan 68,0
112 25 NAGOYA University Japan 66,1
114 26 University of OTAGO New Zealand 65,6
125 27 NANJING University China 64,4
132 28 KOREA Advanced Institute of Science & Te… Korea, South 63,7
136 29 KYUSHU University Japan 62,8
149 30 CITY University of Hong Kong Hong Kong 61,2
151 31 HOKKAIDO University Japan 61,1
155 32 University of Science and Technology of … China 60,9
161 33 KEIO University Japan 59,9
163 34 SHANGHAI JIAO TONG University China 59,7
168 35 MACQUARIE University Australia 58,8
180 36 WASEDA University Japan 57,7
188 37 University of CANTERBURY New Zealand 56,6
195 38 QUEENSLAND University of Technology Australia 55,8
197 39 KOBE University Japan 55,5
199 40 University of WOLLONGONG Australia 55,3
201 41 RMIT University Australia 54,8
205 42 LA TROBE University Australia 54,1
209 43 ZHEJIANG University China 53,8
210 44 University of TSUKUBA Japan 53,8
212 45 HIROSHIMA University Japan 53,7
215 46 University of NEWCASTLE Australia 53,3
223 47 CHULALONGKORN University Thailand 52,3
233 48 POHANG University of Science and Technol… Korea, South 51,0
234 49 VICTORIA University of Wellington New Zealand 50,9
235 50 CURTIN University of Technology Australia 50,7
236 51 YONSEI University Korea, South 50,6
242 52 MASSEY University New Zealand 49,7
243 53 KOREA University Korea, South 49,6
246 54 Universiti MALAYA (UM) Malaysia 49,4
254 55 University of DELHI India 49,0
256 56 The HONG KONG Polytechnic University Hong Kong 48,6
259 57 University of Technology, SYDNEY Australia 48,1
264 58 University of TASMANIA Australia 47,5
269 59 Indian Institute of Technology Bombay (I… India 46,7
273 60 NAGASAKI University Japan 46,3
284 61 CHIBA University Japan 44,7
285 62 MAHIDOL University Thailand 44,7
291 63 University of SOUTH AUSTRALIA Australia 43,8
307 64 Indian Institute of Technology Delhi (II… India 42,4
308 65 Universiti Sains MALAYSIA (USM) Malaysia 42,4
309 66 GRIFFITH University Australia 42,3
310 67 Universiti Kebangsaan MALAYSIA (UKM) Malaysia 42,3
318 68 SHOWA University Japan 41,8
319 69 University of WAIKATO New Zealand 41,7
324 70 TIANJIN University China 41,5
331 71 GUNMA University Japan 40,2
334 72 National TSING HUA University Taiwan 40,0
335 73 TOKYO Metropolitan University Japan 39,9
336 74 National CHENG KUNG University Taiwan 39,8
345 75 GIFU University Japan 39,2
351 76 FLINDERS University Australia 38,7
354 77 YOKOHAMA NATIONAL University Japan 38,6
360 78 Universitas GADJAH MADA Indonesia 38,3
364 79 Science University TOKYO Japan 38,1
365 80 OSAKA CITY University Japan 38,1
366 81 Universiti Putra MALAYSIA (UPM) Malaysia 38,1
369 82 BANDUNG Institute of Technology Indonesia 37,8
374 83 DEAKIN University Australia 37,3
377 84 OKAYAMA University Japan 37,2
380 85 SUNG KYUN KWAN University Korea, South 36,9
386 86 KUMAMOTO University Japan 36,4
395 87 University of INDONESIA Indonesia 34,9
398 88 SOGANG University Korea, South 34,7
399 89 University of the PHILIPPINES Philippines 34,7
400 90 National CENTRAL University Taiwan 34,7
401 91 National CHIAO TUNG University Taiwan 34,6
403 92 YOKOHAMA CITY University Japan 34,5
404 93 KANAZAWA University Japan 34,5
409 94 SHANDONG University China 34,1
416 95 HANYANG University Korea, South 33,4
417 96 Universiti Teknologi MALAYSIA (UTM) Malaysia 33,4
420 97 HITOTSUBASHI University Japan 33,3
423 98 CHONBUK National University Korea, South 33,2
432 99 MIE University Japan 32,4
434 100 TOKAI University Japan 31,9
443 101 SOUTHEAST University China 31,2
445 102 TONGJI University China 31,0
447 103 XI’AN JIAOTONG University China 30,9
448 104 THAMMASAT University Thailand 30,9
449 105 KASETSART University Thailand 30,9
451 106 NIIGATA University Japan 30,8
452 107 Ateneo de MANILA University Philippines 30,8
455 108 University of LAHORE Pakistan 30,4
456 109 National SUN YAT-SEN University Taiwan 30,4
459 110 PUSAN National University Korea, South 30,1
460 111 National TAIWAN University of Science an… Taiwan 30,1
461 112 University of JILIN China 30,0
462 113 University of CALCUTTA India 30,0
463 114 University of PUNE India 29,7
464 115 CHIANG MAI University Thailand 29,7
466 116 KAGOSHIMA University Japan 29,6
470 117 National University of Sciences and Tech… Pakistan 29,4
479 118 Indian Institute of Technology Roorkee (… India 29,0
480 119 University of MUMBAI India 28,9
484 120 OCHANOMIZU Unversity Japan 28,7
489 121 Indian Institute of Technology Madras (I… India 28,1
492 122 Indian Institute of Technology Kanpur (I… India 27,5
493 123 KYUNGPOOK National University Korea, South 27,3
495 124 National YANG MING University Taiwan 27,2
499 125 National CHUNG HSING University Taiwan 27,1
502 126 AIRLANGGA University Indonesia 26,4
504 127 KYUNG HEE University Korea, South 26,2
505 128 RITSUMEIKAN University Japan 26,1
508 129 INHA University Korea, South 25,0
512 130 CHONNAM National University Korea, South 24,8
514 131 FU JEN Catholic University Taiwan 24,5
515 132 SAITAMA University Japan 24,3
516 133 CHUNGNAM National University Korea, South 24,3
519 134 DE LA SALLE University Philippines 23,9
521 135 AOYAMA GAKUIN University Japan 23,5
522 136 National CHENGCHI University Taiwan 23,4
525 137 National TAIWAN NORMAL University Taiwan 22,5
526 138 PRINCE OF SONGKLA University Thailand 22,5
527 139 University of DHAKA Bangladesh 22,4
531 140 KHON KAEN University Thailand 21,8
534 141 Indian Institute of Technology Kharagpur… India 20,9
535 142 University of SANTO TOMAS Philippines 20,8
544 143 DOSHISHA University Japan 18,1
545 144 BOGOR Agricultural University Indonesia 17,6
547 145 University of COLOMBO Sri Lanka 17,5
552 146 EHWA WOMANS University Korea, South 16,4
553 147 DIPONEGORO University Indonesia 15,4
554 148 Indian Institute of Technology Guwahati … India 15,2
559 149 Universitiy of KARACHI Pakistan 13,8
564 150 QUAID-I-AZAM University Pakistan 10,4

Peringkat universitas dari indonesia:
Universitas 2007 2006
Universitas GADJAH MADA 360 270
BANDUNG Institute of Technology 369 258
University of INDONESIA 395 250
AIRLANGGA University 502 N/A
BOGOR Agricultural University 545 N/A
DIPONEGORO University 553 495

Terlihat bahwa secara konsisten, peringkat universitas-universitas kita menurun. Tidak ada satupun yang masuk di 200 besar.Bandingkan dengan singapura (2 di top-100 dunia), australi (8 di top-100 dunia), bahkan 3 uni malaysia dan 2 uni thailand di atas UGM. Ngenes deh…
Pertanyaannya: KENAPA ?

Comments»

1. trisetyarso - 20 November 2007

Jadi … ITB renking berapa, Mun?

2. moenz - 20 November 2007

oya gung, sori, sekarang sudah dibereskan. makasih

3. bimaconcept - 20 November 2007

Menurut saya, peringkat universitas didunia gak terlalu penting. Yang penting bagaimana kita menyerap ilmu dengan baik dimanapun kita belajar dengan pengembangan pribadi kita masing2. Oce

4. purna - 21 November 2007

Kok ITS gak ada yak😀
gak valid berarti :))

5. moenz - 21 November 2007

Untuk mas bimaconcept, peringkat2 itu setidaknya membuat kita tahu, how “good” or how “bad” our institutions are, biar bisa memacu para pengambil kebijakan untuk bekerja labih baik. Setuju lah, bahwa kita harus bisa menyerap ilmu di manapun, tapi tentu beda, tantangan dan pengalaman yang kita peroleh di institusi yang ‘dikenal dan diakui’ dibandingkan dengan di institusi yang ‘baru terdaftar’. Bukan Begitu?😉

6. anas fauzi rakhman - 21 November 2007

Polban urutan berapa ya?

7. moenz - 21 November 2007

wah mohon maaf mas anas dan mas purna, tahun ini dari indonesia baru 6 yang masuk ‘radar’ THES (tahun kemarin cuma 4- UI,ITB,UGM,Undip). Mudah-mudahan tahun depan ITS, Unibraw, Polban dan yang lain-lain segera masuk ranking ya😉

8. neen - 21 November 2007

@purna
kok Unair masuk ya??? Gak valid juga berarti :))

9. herr - 21 November 2007

UGM yesss

10. younone - 21 November 2007

percayalah… beberapa bulan lagi.. uang kuliah di universitas yang renking tsb pasti dinaikin..

11. morishige - 21 November 2007

wah, hebat juga kampus gw..
no. 1 di indonesia..
he..😀

12. Aprina - 21 November 2007

alhamdulillah almamater saya (UNDIP) masuk dalam list…

13. bungcip - 21 November 2007

Apapun peringkatnya, UI tetap kampusku🙂

14. devry - 21 November 2007

@bimaconcept

Gw setuju dengan pendapatnya, mas!😉

15. atmo4th - 21 November 2007

waduh, kampusku…

16. fracosoe - 21 November 2007

4 universitas riset di malaysia mempunyai jumlah publikasi ilmiah 2-4 kali lipat dibandingkan ITB. Sebagai contoh, UKM menghasilkan 5 ribu publikasi/tahun, sedangkan ITB hanya di angka 1500-an. So, wajar kalo mereka lebih tinggi rankingnya.
Tanpa pemeringkatan, kita tidak akan tahu posisi kita dibandingkan dg orang lain. Ini akan sangat membantu kita utk mengevaluasi seberapa bagus pencapaian kita dibandingkan dg orang lain. Dengan peringkat ini pula, klaim semacam “universitas terbaik” sebagaimana yg sering tercantum di brosur2 promosi bisa diuji.
Selain itu, dg kriteria dan pembobotan utk pemeringkatan ini, pihak universitas bisa mengetahui bagian-bagian apa yg lemah dan perlu diperbaiki. So, it’s very very useful…

17. yoto - 21 November 2007

hm…binun nie…

18. dobelden - 21 November 2007

walah rengking e adoh tenan

19. dobelden - 21 November 2007

kampusku malah lenyap :-s

20. widiyantobms - 21 November 2007

Unsoed nya’ manaaaaa …

21. neen - 21 November 2007

Beneran ya Unair masuk daftar
*kucek-kucek mata* g percaya……..

22. hallporter - 21 November 2007

besok gantian ngurutin kampus yang dalem negri …. lihat siapa yang patah hati. jangan2 unair masih kucek2 mata juga, hehehe :p

23. ibnu - 21 November 2007

Tanpa bermaksud menurunkan ‘derajat’ UNAIR, UNDIP dan IPB, ITS Jelas lebih baik. kecuali klo yg dinilai jumlah ceweknya😀
Dengan kata lain, survey ini sama sekali tidak valid.

24. moenz - 21 November 2007

@ibnu,
tanpa bermaksud merendahkan ITS, Unsoed dll yang namanya belum nangkring, tapi lebih baik kita mengukur diri, seberapa ‘baik’ kita dimata kolega sesama akademisi, global employer, output Paper INTERNASIONAL (bukan kelas nasional dan lomba2 doang😉 ), rasio mhs asing dan dosen asing, dsb, di SEMUA bidang ilmu (ga cuma teknik doang, social science itu jg ilmu lho.. meski saya orang teknik). IPB mgkn reputasi ilmiah di bidang pertaniannya sudah kelas regional/dunia, Unair, Undip entah di bidang apanya gitu… OK ?
Akhirnya, seperti kata pepatah: buruk muka, ya operasi plastik dong, jangan cerminnya yang dibelah😀

25. neen - 22 November 2007

@ibnu dan moenz
mungkin Unair terangkat dari FK-nya yang disebut “mendapatkan pengakuan internasional terhadap mutu program studinya” semenjak tahun 2005 sesuai laporan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Tapi kalau menilik fakultas2 yang lain, terus terang saya sebagai orang Unair masih tetap *kucek-kucek mata*

26. nurussadad - 22 November 2007

IPB ada peringkatnya juga tho. Lumayan daripada gak ada.

27. NuDe - 22 November 2007

Dari sisi komitmen pemerintah terhadap pendidikan, jelas saja Indonesia kalah dengan Malaysia, Thailand dan Singapura. Mereka nggak pelit soal dana riset dan publikasi. Setahu saya, di Indonesia riset perguruan tinggi kurang mendapatkan perhatian, kalah dengan proyek-proyek yang sifatnya jangka pendek dan menghasilkan income sampingan bagi para pejabat. Sebagai perbandingan, begitu saya meloloskan proposal riset ke universitas, saya langsung dapat dana riset 20.000 RM. Sementara di Indonesia, boro-boro dana riset, tuition fee untuk postgrduate (degree juga ding) saja selangit, bahkan dapat beasiswa Dikti pun nggak nutup SPPnya. Sedih, tapi itulah kenyataannya

28. purna - 22 November 2007

@Moenz + Ibnu
He..he…, gak usah bertengkar
santai saja, saya sebagai orang ITS gak khawatir gak masuk peringkat. Toh, gak ada jaminan yang peringkat atas punya lulusan terbaik, begitu juga sebaliknya. Semua kembali ke masing2 individu. Masalah peringkat memang subyektif, tinggal siapa yg mengeluarkan peringkat. Klo dr penilaian saya ITB yang paling bagus di Indonesia saat ini, tapi bagaimanapun saya tetap cinta ITS🙂

29. Ratyan FHUI 07 - 23 November 2007

Walaupun peringkat UI turun tapi
UI akan berubah………….
percayah lah

30. adian - 26 November 2007

Mun, ranking ala Moens ki yoo..?
coba dilihat detail lagi dong sepertinya score yang sama
peringkatnya sama dong.. bukan begitu..?

31. christian - 28 November 2007

menurut saya,sih…UGM terangkat karena fakultas kedokteran dan ilmu2 sosial lainnya(namanya juga universitas..)… kalo soal engineering(rekayasa) sih,kayanya masih mungkin kita belum bisa berpatokan pada ranking tersebut…contohnya kaya ITS,yang selalu mendominasi kontes robot nasional…ibarat mobil penumpang,yang satu diisi 10 orang dengan bobot 40 kg,yang satu lagi diisi 6 orang dengan bobot 80 kg… nah yang dinilai orang tuh jumlah yang masuknya,bukan jumlah bobot yang ditampungnya…bner gak??? hidup institut..

32. firdaus - 28 November 2007

Wah………UGM keren ya
Kampus Biru tambah sukses aja nih…

semoga bisa di pertahankan

33. moenz - 29 November 2007

@adian
yoi boss, itu sy urutkan sblm pengumuman ranking resmi keluar. btw, di sononya ga ada ranking asia pasifiknya😉
btw,sori lambat respon, lagi di remote area nih

34. deni sofyan - 2 December 2007

selamat kepada ITB, kapan saya bisa kuliah di sana ya?????????????

35. phiet - 2 December 2007

wah……….!!!!!!!!!!kapan y?UIN SGD bisa masuk k peringkat 100 di dunia!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

36. Roland - 2 December 2007

Apa gek……..
UI pasti lebih maju….
UI……….

37. diden - 4 December 2007

akhirnya ipb masuk juga dalam top universities, ya meskipun ranking ke 545 tapi perjuangan belum berakhir.
kalo di ipb itu jurusan yang paling menjanjikan adalah agroindustrial technology di fakultas teknoloi pertanian (narsiiiiiis banget ya)

38. saladin - 5 December 2007

UNS tetap no satu di HATIKU

39. Soel - 10 December 2007

Secara…fakta bahwa UGM emang yahuuud…patut diakui saja….Univ laen suruh ngaca aja deh…jangan cuman ngomong doang hasil blong. mending diem tapi berbobot. Yah dimanapun yang namanya pecundang itu tempatnya bukan yang pertama…iya ngga?

40. radzdevil - 14 December 2007

wah wah.. ALhamdulillah neh ipb masuk juga..
udah murah,, bagus,, pokoknya ipb dihatiku.. apalagi fakultas teknologi pertanian..hehehehe..

41. Dago Bawah - 16 December 2007

malez deh…ga mutu banget sih…
Gw bilang UGM en ITB sama2 oke…
Semua punya keunggulannya masing2…
Sebenernya kurang bisa dibandingkan ke2nya..lha wong yg satu universitas..tyus yang satunya institut..
Soal gede..luas bangunan..jumlah mahasiswa..gedung2..menurut gw emang unggul UGM bos…
Oiya..sekedar cerita..gw uda ngerasain kuliah di ke2 PT ini..
Klo gw boleh jujur…secara input…SDM yang ada di 2 PT ini masih unggul ITB coyy…Dulu tahun pertama gw kuliah di UGM…Gw orangnya ga rajin..agak malez2an malah…tp gw bisa masuk 2 besar IP tertinggi seangkatan di jurusan gw waktu itu…Hal itu beda waktu gw di tahun ke2 pindah ke ITB…(red:gw pindah ke ITB karena gw ngerasa kurang tantangan..sorry coy…otak gw masih bisa diberdayakan di level yang lebih tinggi lagi)..so di tahun ke2 gw pindah ke ITB…Waktu gw kul di ITB…gw lebih rajin dari waktu gw di UGM..tapi alhasil..gw ga bisa jadi nomer 1 nya..gw cuma bisa masuk di papan tengah agak ke atas dikit…
Jadi gw bisa nyimpulin anak2 ITB secara brain lebih unggul dari anak2 UGM…
Waktu gw dulu di tahun pertama..gw ada test IQ…waktu hasilnya keluar..tata usaha gw bilang anak2 kelas gw rata2 IQ nya di atas 130..jarang yang di bawah 130…(red:ni pake skala yang batas “cerdasnya 120”)..
Trus banyak banget kasus…banyak anak2 yang uda lulus di UM UGM…mreka SPMB lagi demi mendapatkan namannya kursi di ITB…gw jadi saksi mata sendiri coyy…coz waktu temen2 gw di kelas..mreka banyak yang bawa agenda KOPMA (red; itu klo ga salah kenang2an mahasiswa baru yang baru daftar ulang UGM…).
jadi..ga usah malu deh bwt anak2 UGM.bwt ngakuin bahwa anak2 ITB emang lebih unggul dari UGM…
ITU FAKTA COYY…
Secara intelijensi..anak2 ITB lebih unggul dari anak2 UGM..
Anda bisa terima??

42. Dago Bawah - 16 December 2007

Weh..gw juga dulu pernah kuliah di UGM..tapi ga pernah bangganya kaya kalian setengah mati…ga usah sirik deh…
Baca ocehan2 klian..gw muak..en jadi males bela UGM…
Sekarang yg penting gmn kita bangun bangsa ini..
Loe dari UGM ya jadilah mahasiswa yang bener di sana..klo udah lulus..bebankan hatimu bwt memperbaiki bangsa ini..ga hanya maunya memperkaya diri sendiri…
Klo hanya karena perguruan tinggi aja kita jadi terpecah belah…seneng tuh bangsa lain..kayak MalingSia..ngetawain kelakuan kita yang minta ampun amit2…

43. dayat - 17 December 2007

salut Bro.., gw juga alumni UGM. Tp gw prihatin bgt. Tetangga kita si Malingsia ngrendahin kita banget (Mereka bilang kalo Indon lebih rendah daripada babi dan anjing, bangsa kuli dsb..). Tapi mengapa para anggota KAGAMA dan IA-ITB diam ajaaa..?? dimana kalian ini…..?? Ibu Pertiwi memanggil kaliaan..!!!

44. Not Jazz Lover - FEUI 2005 - 19 December 2007

Wah UGM paling bagus yaa…
UI anjlok banget nih,gara2 mahasiswany banyak yg g bermutu gara2 program2 “masuk ui,bayar lebih”…(songong bgt gw… :P)

Ayo anak2 UI,jangan kebanyakan dugem…

45. asd - 20 December 2007

alah…
walopun gw gak pernah kuliah di ITB, gw gak percaya kalo UGM lebih “baik” drpd ITB…
scara brain, raw material, jauh lah…
fasilitas, lab dsb. jauh lah…
lagian, parameter yg ngebedainnya apa y?
misal: sastra ugm vs. perminyakan itb vs. kedokteran ui…
gmana cara ngebandinginnya coba?
kalo dibandingin tiap jurusan, masih oke lah…

itupun sebenernya tetep sedikit unfair, misal: TI UI vs. TI ITB, stau gw (ma’af kalo salah) arah penekanan isi kurikulumnya sedikit beda, yang mana salah satunya lebih menekankan kepada ekonomi/manajemen…
gmana mo di adu?
tinggal nanti aja kalo udah lulus, perusahaan yg mo nrima, butuh yg mana…

kalo mau fair, kita adu aja lulusannya…

di kantor loe2 pada, yg otaknya ouwkhey, lulusan mana???
di tempat gw mah smuanya ouwkhey2, UI, ITB, ITS, UGM, UNSRI, Trisakti, UPN, Texas A&M…
kalo nggak oukhwey, nggak bakal ktrima jd karyawan lah…
tapi… yg paling ouwkhey (banyak mnyumbangkan karya, megang peranan penting, dll.) ya… u know lah…

anywey, smua lulusan PT di indo ok2 koq, terutama engineernya…
indonesian engineers are top of the world…

46. indonesia - 22 December 2007

Saya hanya rakyat Indonesia biasa. Saya masih heran dengan komentar kawan2 yang cenderung membanggakan almamaternya. Mungkin teman2 tdk tau bahwa skrng bangsa kita sangat direndahkan sekali oleh tetangga2 kita sendiri (S’pore dan M’sia). Indonesia tak punya wibawa sama sekali dihadapan mereka. Gembong2 koruptor, pembalakan liar, pembakaran hutan, pencurian kekayaan alam Indonesia, kemana lagi mereka akan bersembunyi kalau tidak di S’pore dan M’sia. Disatu sisi ada banyak mahasiswa M’sia yg masih kita didik di Indonesia (dari 780-an mahasiswa asing di UGM, 386 diantaranya berasal dari M’sia). Ibarat guru yang dilecehkan oleh muridnya. Sepengetahuan saya, Dr Makarim Wibisono (Ketua Komite HAM PBB New York) adalah alumni HI UGM. Tapi mengapa tidak ada usaha dari dia dan alumni UGM lainnya untuk membantu para TKI dan TKW di M’sia yang dirampas hak2nya oleh Pemerintah M’sia..??? Mengapa KAGAMA Perwakilan Eropa tidak ada suaranya, ketika TKI kita ditindas oleh Pemerintah negara lain…?? Menurut saya, para alumni perguruan tinggi kita (UGM,ITB dan UI) hanya bangga denga prestasi dan score tapi belum bangga dengan pengabdian kepada Bangsa yang telah menyubsidinya pada saat mereka kuliah… Kita prihatin sekali…

47. agus - 5 January 2008

Bagaimana kalo diadu, Universitas mana yang paling banyak menghasilkan koruptor..?? Pasti jawabannya…: UI ..! Liat aja contoh kecilnya; Akbar Tanjung dan Wijanarko Puspoyo (Korupsi BULOG), Mulyana W. Kusuma dan Nazaruddin Syamsuddin (KPU). Yusril Ihza M. (Pengadaan alat sidik jari Setneg). Yang lainnya masih banyak yg belum disebut. Apa gak malu tuh alumni UI..?. Kecuali kalo emang udah putus urat syaraf malu-nya. Pasti malah bangga jadi produsen koruptor terbesar…

48. menurut lw sapa???? - 10 January 2008

sedih juga ya alamamaer gw (ITB) turun peringkat
klo bwt naek kyknya itu bth kerja kras bgt tuw…apalagi pemerintah pelit banget sama dana-dana riset…..sunat sana sunat sini..klo perlu sunat lagi aja tuw orang yang nyunat2 duit…
tp gpp c teknik fisika itb mau diakreditasi internasiaonal…..mudah2an aja teknik fisika ITS,UNAS n UGM bisa menyusul…..amin…
bener bgt klo qta bisa bersatu…malaysia ga ada apa2 nya sama kita….cina aja bs bwt red code apalagi qt…
oia bwt teknik fisika ITS…salut gw buat karya2nya…
buat teknik fisika UGM…bwtlah nuklir menjadi sahabat kita…
teknik fisika unas…mdh2n menjadi lebih baik dari tahun ke tahun…
oceoce….
oia bwt almamater gw…mdh2n qta bs lebih baik dan menjadi world class university y…amin
bwt indonesia….ayolah bersatu….qta adalah bangsa yang pintar tp pengeloaannya cupu berat dah…
hidup teknik fisika…all in one engineering……….
hidup Indonesia juga….

49. menurut lw sapa???? - 10 January 2008

di Indonesia ga ada satupun universitas yang semua jurusnnya adalah terbaik di Indonesia…
misalnya pertanian yang bgs..IPB lah..
teknik tentu saja ITB n ITS..
klo mw jrsn2 IPS..UGM n UI pasti…
gw yakin univeritas lain jg punya kelebihan n kekurangn..
ga ada universitas yg sempurna….
gw di ITB jg ngrsa ITB punya problem yang cukup serius….
tp sory niy….rahasia alamamater….hehehe
so…berkerja sama n melengkapi lah satu sama lain bwt negri ini..
oia satu lgy
SAlam Ganeshaaaaa……mulai…
SALAM GANESHA…BAKTI KAMI UNTUKMU…TUHAN…BANGSA DAN ALAMAMATER…MERDEKA

50. Mawan Fakculty of law in HARDVARD University - 17 January 2008

menurut w univeritas di indonesia semuanya tuh sama aja… semuanya tuh bagus2… memberikan ilmu yang bermanfaat buat kita… tinggal bagai mana kita manfaatiin ilmu yang kita dapat agar bisa bermanfaat buat orang lain… kan lo senang!!!! dan klo lo merasa kampus lo tuh paling bagus… tunjukin dong pada dunia bahwa kampus lo tuh hebat… jangan cuma ngomong doang… bacot segudang… emang’y lo gak malu apa apa ma diri lo… bangga2in kampus lo… emang’y bantuin apa buat kampus lo… seharus’y lo toh mikir kmapuan lo tuh apa??? juga lom tau… maka’y ngaca dong!!!! w bangga pada bangsa indonesia yang mempunyai penerus darah juang pahlawan… hidup mahasiswa indonesia… walaupun w gak kuliah di negri ini…. tapi w mencari ilmu buat negri w… indonesia tercinta… salam cinta dan keadilan… By faculty of law in HARDVARD University. upssss w lupa ngomong… w gi liburan di indonesi neh!!!

51. kurniadi - 22 January 2008

gw punya temen yg dulunya kul di salah satu kampus indonesia yg masuk daftar tersebut. ( ga usah disebutin ya nama kampusnya). trus baru setahun disana dia dpt beasiswa di universitas petronas malaisia. katanya c fasilitas disana jauh lebih baik. contoh asrama mahasiswanya kaya apartemen, dikasih laptop. buku gratis, lab lengkap n alat2nya ga usah nunggu gantian. pokoke enak deh. so wajar aja kalo kita ketinggalan !!!!

52. nunu - 2 February 2008

mo ugm
mo itb
mo ui
mo …..apa kek……..
yang penting tuh……
tunjukin perubahan ke arah yg lbh baek donxxxx…..!!!!!
kaga cuman adu gengsi
OK BROOO !!!
PEACE ACHHHH
salm bwt smua umat manusia di slrh dunia))))

53. suma - 5 February 2008

gw anak unair, seharusnya kt sm jgn bnyk omong bgs-an yg mn. pasti tiap universitas pny keistimewaan sndiri2. Yg penting gmn kt skrg kalahin universitas asing donk… pake cara kt sndiri2 baik itu UI,UGM,ITB,UNAIR,UNDIP,IPB ato ITS. Secara kt udh dipilih sm survey orang bule kalo kt PTN yg paling baik di Indonesia. So bangkit donk jgn malah saling ejek gt antar PTN (ngabisin energi), jiwa besar donk bagi yg ga msk, mgkn taon depan kt semua msk di 100-besar kan bgs he..he..he

54. gendont - 6 February 2008

runcing ya mulut kalian semua pade…diributin aja terus, kagak ade abisnye…malah menghina akal sehat dan buang-buang energi tauk!!yang penting jebolannya dul, mampu gak menjawab tantangan dan berkompetisi dalam era globalisasi, biar gak jadi “jongos” di negeri sendiri, pokoknya…UGM pasti universitas yang terbaik, stop “kucek-kucek mata”!!

55. gendont - 6 February 2008

ada yang sewot…ben!! whakakaka

56. febrian - 12 February 2008

SUBHANALLAH..
UGM peringkat terbaik Indonesia,tapi aku kmaren liat UGM peringkat 58 terbaik asia..tapi tau ah,g peduli cos yang keren jg kampusnya to,bukan gue..percuma jg kalo kul d UGM tapi ip nya pas pas an betul g?dimanapun kita berada disana harus kita junjung..hee hee

57. zhen_ze - 10 April 2008

gw mo cba ikutan critanya sech masukan tp trserah loe nganggapnya pa,mnrt gw tuk ngehdapi smuanya hruslah bisa membenah keaadn secara universal,jangan sampe cita tinggi tapi tanggapan tentang lingkungan Qta belom beres

58. Bee_cool - 20 April 2008

BUAT:: 39. Soel – 10 Desember 2007,,,yg nulis…

“Secara…fakta bahwa UGM emang yahuuud…patut diakui saja….Univ laen suruh ngaca aja deh…jangan cuman ngomong doang hasil blong. mending diem tapi berbobot. Yah dimanapun yang namanya pecundang itu tempatnya bukan yang pertama…iya ngga?”

ih kampungan deh…
kayaknya ga perlu gitu…kampus banget or kampungan banget nih?????

tau ga sih lo2 pada…waktu taon 99,,todai (univ.tokyo) no.1 se asia versi asianweek. tapi taon brkutnya, rektornya nolak buat dimasukin ke rangking2an lagi…alhasil univ.kyoto yg jadi no.1 se asia. orang2 ngira kalo todai takut kalah ranking oleh kyoto,,,namun rektornya menjawab dng bijaksana:

:: universitas tuh ga bisa dibading2in kayak gini karena masing2 punya kelebihan dan merupakan pemberi pendidikan. gimana pun ranking kami, kami akan tetep ngasih pendidikan yg terbaik.so ranking berapapun kami, kami akan tetep berusaha yg terbaik untuk mahasiswa kami.”

emmm…pokoknya gitulah walopun ga mirip2 banget sih…hehe
kok ngerasa bahwa kita -mengacu pada beberapa orang yg komentar asal kayak om SOEL diatas- nih yg rankingnya baru aja 350an,,,dah SOMBONG n KEKANAK2AN ya?????

gw skrg mhswa ITB namun turut menyesalkan kata2 rektor itb waktu itu (ITB: peringkat 19 -or 21??- se asia) yg nunjukin bahwa ranking itu parameter banget n agak sombong dengan prestasi yg dicapai.
eehhh…taon 2000 malah turun peringkatnya…wakwaw…

padahal semua juga tao kalo rektor itb tuh pastinya salah satu orang terbaik internasional di bidangnya…di bidang science n engineering lagi…yg butuh fasilitas n otak ga sembarangan…hehehe
salah satu orang terbaik indonesia aja pola pikirnya jauh banget dari rektornya todai…gimana bangsanya??? gimana mao bimbing mahasiswanya??

halah halah…
skrg rektornya lebih parah lagi…
jangankan mahasiswa…dosen aja banyak yg ngeluh n sebel…
padahal profesor lho…hihihi…

tapi kami tetep bisa berprestasi di berbagai bidang…
itu ngebuktiin kalo kita ga perlu nunggu orang2 hebat di negeri ini buat berprestasi…
kayak dagang aja…kita punya kemampuan…ntar juga ada yg ‘beli’ walopun pihak luar kayak amerika n eropa…

so,,,semuanya…
sebelum nuntut kampus2 n pemerintah kita buat berprestasi…
pada mau berprestasi lebih dulu????

59. indra - 21 April 2008

sakkarepmu…!!! Menurutku UGM tuch masih kalah sama Universitas Bulaksumur… Aku udah ngrasain gimana susahnya masuk Universitas Bulaksumur…

60. wa1 - 6 May 2008

ITS nya mana cuk?????!!!!!!!

PAYAH!!!!!

61. poetra malaysia - 30 June 2008

ukm no 1…….

62. Erick_carter - 8 August 2008

JANGAN SOK LOE PADE,,GW KULIAH DI DARWIN AJA GAK BYK NGMONG….
TALK LESS,DO MOREEE!!!! That’s it…

63. wa - 25 September 2008

bsa gak
di muat semua peringkat universitas di indonesia
dr yang swasta ampe ngri

64. andro - 7 January 2009

UNSOED mana?? UNSOED mana?? huhuh kampusku tercinta….

65. be_ces - 27 February 2009

ceah……
kayaknya pada kaga ada kerjaan banget sih!!!!
mau menunjukan kesombongan univnya masing2???hehe…
lebih baik kita pikirkan bagaimana caranya supaya indonesia
di pandang oleh dunia sebagai the contry of knowledge!!!!…
hehehe…
yyyy hitung2 bawa nama negara kita!!!
tetap semangat……………….!!!

66. mohay_refri - 26 April 2009

yawd2 yg penting apa yang bisa kita kasih buat indonesia..ok
hidup mahasiswa!
hidup indonesia!
hidup polban!

67. Fince - 20 June 2009

percaya tidak aku kuliah di universitas luar angkasa tepatnya di merkurius, universitas terbaik di jagat raya,

ha ha ha ha ha

68. noname - 12 September 2009

INI UDAH LAMA,,,,,YANG JELAS 3 BESAR D INDONESIA MASIH UGM,UI MA ITB


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: